SEO with Organic SEO

SEO with Organic SEO

Jun 08

Pada awal penggunaan internet, SEO Konsultan, sistem otomatis, atau semua hal tentang teknologi tingkat tinggi belum tersedia. Beberapa tahun yang lalu, istilah “Search Engine Optimization” bahkan tidak ada! Pemilik website berjuang dengan cara dan sarana untuk memperoleh pendapatan yang diperlukan. Pada masa sekarang dikenal istilah IBM (“It’s Best done Manually”) dan Organic SEO.

Organic SEO masih merujuk pada proses dan strategi yang dilakukan untuk mengoptimasi website berdasarkan relevansi keyword atau kata kunci. Perbedaan antara Organic SEO dengan SEO adalah proses manual pada Organic SEO dibandingkan proses otomatis pada SEO modern. Organic SEO berfokus pada mempromosikan website dengan proses alamiah dari mesin pencari yang juga dikenal organic result yang berbeda dengan sponsored links (Pay-Per-Click/PPC). Organic SEO merupakan cara yang murni dari search engine optimization. Konsultan SEO, Sulumits Retsambew memberikan penjelasan yang memadai dalam hal search engine optimization.

Organic SEO memerlukan pemahaman tentang konsep dasar, sebagai berikut:

Search Engine dan cara kerjanya
Sebuah search engine adalah sebuah website yang menyediakan daftar website yang disarankan untuk dikunjungi oleh pemakai berdasarkan kata kunci tertentu atau kata kunci apapun. Peringkat dari sebuah website secara statistik ditentukan oleh apa yang disebut sebagai “keyword density” (“kepadatan kata kunci”), yaitu rasio atau perbandingan banyaknya kata kunci dengan jumlah total kata di dalam konten website. Inbound link dan hal-hal yang terkait dengan inbound link merupakan faktor lain yang menentukan peringkat website. Pengumpul data statistik dalam hal ini disebut “spider” atau “spider bot”, yang merupakan program yang berfungsi untuk menghitung banyaknya kata kunci muncul pada website melalui proses yang disebut “crawling”.

• Search Engine Optimization
SEO Organic tetap memerlukan bagian-bagian lain dari SEO, Search Engine Optimization. Tujuan utama SEO adalah sederhana, yaitu: membawa sebanyak mungkin pengunjung ke website dengan cara mempengaruhi cara kerja search engine agar memungkinkan website mencapai posisi atas dari daftar hasil pencarian. Sebagai hasil dari memperoleh banyak pengunjung, diharapkan website akan menjadi bisnis yang menguntungkan. Hasil inilah yang menjadi ukuran keberhasilan dari Organic SEO.

• Viral Marketing
Konsep ini penting dipahami agar menguasai Organic SEO dengan baik. Viral Marketing adalah strategi meningkatkan jumlah pengunjung ke website secara eksponensial mulai dari jumlah yang telah dikembangkan pada awal dimulainya strategi Organic SEO. Contoh Viral Marketing adalah menawarkan keuntungan dari website yang dimiliki pengunjung dengan mencantumkan website anda sebagai link ke dalam website yang dimiliki pengunjung tersebut sehingga ketika website itu dikunjungi, maka ada kesempatan website anda dikunjungi pula.

• Optimalisasi Nama Domain
Optimalisasi nama domain merupakan salah satu konsep yang paling sederhana untuk dipahami, tetapi tidak mudah untuk diterapkan. Mendapatkan nama domain yang banyak mengandung kata kunci merupakan hal yang dikehendaki setiap konsultan Organik SEO karena memiliki relevance scale (skala relevansi) yang besar. Jika nama domain sesuai dengan produk yang dijual, website dapat mencapai peringkat tanpa banyak masalah. Namun, tentu saja, kemungkinan nama domain seperti itu telah dimiliki oleh orang lain dan hal ini akan menyulitkan dalam melakukan Organic SEO.

• Penelitian Keyword
Penelitian keyword adalah langkah pertama pada penerapan Organic SEO karena menentukan strategi yang akan dijalankan. Usaha dari seorang ahli Organic SEO untuk mengoptimasi website akan sia-sia jika ia menggunakan keyword yang tidak populer untuk optimalisasi website.

Untuk menjadi pakar Organic SEO tidak mudah karena memerlukan pemahaman mendalam tentang berbagai hal yang merupakan dasar padahal pada sistem otomatis hal-hal dasar tersebut tidak digunakan. Namun, ada keunggulan dari Organic SEO, yaitu: adanya pemahaman yang jelas tentang konsep-konsep dasar SEO yang memungkinkan untuk melakukan analisa secara lebih akurat sehingga dapat menentukan strategi yang lebih tepat dan responsif sesuai dengan website anda.

Leave a Reply


+ 7 = 14

-->