SEO bagi Pemula

SEO bagi Pemula

Jun 05

Search Engine Optimization (SEO) adalah strategi pemasaran melalui internet dalam dunia web menggunakan mesin pencari (search engine). Pada dasarnya perusahaan perlu memiliki website yang akan ditampilkan menurut peringkat oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN. Ada 10 situs (sites) di halaman pertama yang merupakan hasil pencarian dari mesin pencari. Kesepuluh situs tersebut dapat memiliki banyak pengunjung dengan tujuan untuk meningkatkan keuntungan.

Berikut ini adalah gambaran bagaimana Konsultan Sulumits Retsambew melakukan SEO:

(1) Keyword
Keyword atau kata kunci berkaitan dengan cara mengenali website atau situs web. Google AdWords Keyword atau SEO Book Keyword adalah perangkat yang dikenal untuk menganalisa keyword. Keyword dapat ditentukan dari satu atau beberapa kata. Yang penting, keyword harus berkaitan dengan website.

(2) Competitor
Competitor atau pesaing dapat dilihat dengan menggunakan keyword. Keyword density, meta tag, alt tag, dan title tag dapat mengetahuinya dari source code. Perangkat SEOpen’s free backlink dapat digunakan untuk mengetahui banyaknya backlinks dari website. Semua itu berguna untuk mengetahui keunggulan kompetitor.

(3) On-Page
On-Page merupakan salah satu cara untuk membuat website mudah dikenali oleh mesin pencari. Ada beberapa langkah untuk melakukannya.

- Website dapat diubah terutama untuk memudahkan dalam meneliti keyword yang sesuai. Sekitar 7% dari seluruh jumlah kata dalam website memiliki makna untuk menentukan kata kunci. Namun, faktor pengunjung tetap harus dipertimbangkan dalam hal tampilan website yang menarik.

- Website dapat dikenali oleh mesin pencari dengan bantuan Site Maps.

- Title atau judul, description atau deskripsi, dan keyword dari website tercantum dalam Meta Tag dengan struktur tertentu. Hal ini juga terkait dengan keyword.

- Alt Tag terdapat di dalam kode HTML gambar. Salah satu keyword penting dapat diletakkan dalam Alt Tag. Contoh dari tag ini adalah: SEO formula.  Alt Tag tidak dapat dilihat oleh pengunjung.
- Beberapa keyword juga dapat ditempatkan dalam Title Tag.  Berikut ini adalah contoh hyperlink HTML tag dengan Title Tag : Tag title dapat dibaca oleh pengunjung.

(4) Off-Page
Strategi dengan backlinks dan public relation merupakan hal penting dalam Off-Page. Google Page Rank dan Alexa adalah perangkat yang banyak digunakan untuk mendapatkan informasi tentang popularitas website.

Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini.

- Exchanging Links (Bertukar Links)
- Submitting Articles (Mencantumkan Artikel pada Bookmark)
- Menggunakan Blog dan Komentar pada Forum
- Membuat Blog sendiri

Off-Page dapat diterapkan juga melalui media lain dari mesin pencari.
- Menambahkan beberapa link melalui social networks atau media sosial seperti Friendster, Facebook, Twitter, dan MySpace
- Mengirimkan artikel ke social bookmark seperti Technorati atau Digg

Hal yang juga penting dalam melakukan strategi Off-Page untuk mengirimkan URL dari website secara gratis ke direktori mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Alexa, www.altavista.com, www.alltheweb.com, www.excite.com, www.lycos.com, www.webcrawler.com, www.Jayde.com, www.whatuseek.com, dan lain-lain. Di antara semua itu, yang paling bagus adalah daftar direktori DMOZ dan Yahoo.

Leave a Reply


+ 3 = 8

-->